Senin, 16 September 2019

Tema 3 Kegiatanku Subtema 2 Kegiatan di Pagi Hari

Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 3 Kegiatanku
Subtema 2 Kegiatan Siang Hari

Matahari Bersinar Terik
Udara terasa panas
Bel sekolah berbunyi
Tanda belajar sudah selesai
Siswa kembali pulang ke rumah


Hari/Tanggal: Senin, 16 September 2019
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
¡  Dengan menyimak gambar dan teks yang disampaikan oleh guru dan permainan menyusun kartu huruf menjadi kata, siswa dapat menemukan kosakata tentang kegiatan siang hari dengan tepat
¡  Dengan menggunakan kartu-kartu huruf siswa dapat menyusun kosa kata terkait kegiatan siang hari dengan tepat.
¡  Melalui diskusi siswa mampu mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan aturan di rumah.
¡  Dengan bercerita siswa mampu menunjukkan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan aturan di rumah.
¡  Dengan memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru, siswa mampu mengidentifikasi gerak cepat dalam sebuah tari.
¡  Dengan mengikuti petunjuk guru, siswa mampu memeragakan panjang gerak cepat pada sebuah tarian.
Materi Pembelajaran:
¡  Mempelajari kosa kata yang berhubungan dengan siang hari
¡  Mendiskusikan kegiatan-kegiatan yang baik di siang hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
¡  Melakukan gerak cepat anggota tubuh dalam suatu gerak tari

MATERI

Ayo Mengamati

Dayu pulang sekolah
Setiba di rumah, Dayu mengetuk pintu
Ibu menyambut Dayu dengan gembira
Dayu tampak lelah
Dayu membuka sepatu dan merapikannya
Dayu meletakkan tas dan berganti baju
Dayu cuci tangan lalu makan
Setelah makan Dayu istirahan sejenak
Ibu menyuruh Dayu tidur siang

Dayu patuh kepada ibunya 

Bacalah kata-kata dari bacaan di depan, bacalah dengan nyaring
Siang                                       Hari
Si – ang                                   ha – ri
Pulang                                     sekolah
Pu – la – ng                             se – ko – lah
Cuci                                         tangan
Cu – ci                                     ta – ngan
Makan                                     siang
Ma – kan                                 si – ang
Tidur                                       siang
Ti – dur                                   si – ang

Lengkapilah kata-kata berikut ini
Isilah dengan huruf yang tepat
…..  i ….. n g
P ….. ….. a n g
M ….. k a …..
T ….. d u …..
I s ….. i r a h ….. t

Amatilah kembali cerita di depan
Apa yang dilakukan Dayu setelah tiba di rumah?
Urutkan gambar-gambar di bawah ini
Berilah nomor sesuai urutan kegiatan Dayu


Ayo Mengamati
Dayu mempunyai kebiasaan baik
Pulang sekolah Dayu merapikan tasnya
Dayu juga merapikan sepatu dan bajunya
Sambil istirahat Dayu suka membaca
Sesekali Dayu menonton televisi
Nah bagaimana denganmu?
Apa kebiasaanmu sepulang sekolah?
Ceritakan kebiasaanmu!

Salah satu kegiatan Dayu di siang hari adalah menari
Dalam tari ada gerakan cepat dan lambat
Gerak tari cepat, iringannya cepat
Gerak tari lambat, iringannya lambat
Kali ini kita akan belajar gerak cepat dalam tari
Iringan musik cepat untuk latihan gerak cepat
Iringan musik lambat untuk latihan gerak lambat
Contoh tarian tradisional yang gerakanya cepat yaitu Tari Saman dari Aceh
Dayu dapat berlatih gerak cepat dalam tari dengan mengikuti gerak Tari Ayam


Hari/Tanggal: Selasa, 17 September 2019
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
¡  Melalui tanya jawab siswa mampu menyebutkan kosa kata yang berhubungan dengan siang hari dengan lafal dan ejaan yang tepat.
¡  Dengan menggunakan kartu-kartu huruf siswa mampu menyusun kata-kata yang berhubungan dengan siang hari dengan tepat.

Materi Pembelajaran: Bermain menyusun huruf menjadi kosa kata terkait kegiatan siang hari

MATERI

Ayo Berlatih
Setiap selasa pulang sekolah edo berlatih sepak bola
Hari ini dia berlatih cara menendang
Edo berlatih dengan sungguh-sungguh
Dia memperhatikan cara menendang bola 

Selesai bermain Edo pulang ke rumah
Edo beristirahat di ruang keluarga
Sambil beristirahat Edo belajar membaca
Edo mengambil kartu-kartu huruf milikinya
Dia pun menyusunnya menjadi kata

Ayo bantu Edo menyusun huruf menjadi kata!
Huruf depan pada kata itu sudah ditentukan
S n i g a                      ...................
P n a l g u                    ..................
M n a a k                     ..................
T d r i u                      ..................
I t s a r h a i t               ..................


Hari/Tanggal: Rabu, 18 September 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
¡  Melalui penjelasan guru dalam diskusi kelas siswa mampu mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan di siang hari yang sesuai dengan aturan di rumah dengan tepat.
¡  Melalui bercerita siswa mampu menunjukkan kebiasaan-kebiasaan di siang hari yang sesuai dengan aturan di rumah dengan tepat.
¡  Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kosa kata terkait kegiatan siang hari dengan tepat
¡  Melalui kegiatan menjiplak siswa mampu menuliskan kosa kata terkait kegiatan siang hari dengan tepat

Materi Pembelajaran:
¡  Membaca pemahaman tentang kegiatan siang hari yang sesuai dengan aturan di sekolah
¡  Membedakan perbuatan yang sesuai aturan dengan yang tidak sesuai dengan aturan berdasarkan teks bacaan

MATERI
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring

Pulang sekolah
Hari sudah siang
Sekolah telah usai
Siti segera pulang ke rumah
Sampai di rumah Siti beristirahat
Sambil beristirahat Siti membaca buku
Siti mengulang pelajaran di rumah
Siti suka belajar
Dia ingin jadi anak pintar


Lengkapilah kalimat berikut ini sesuai bacaan
Pilihlah kata yang tepat berikut ini
Sekolah                       siang               pulang
Membaca                   rumah             pintar
Suka                           belajar
Hari sudah …………………
………………….. telah usai
Siti segera …………………. Ke rumah
Sampai di ……………….. Siti istirahat
Sambil istirahat Siti ………………….. buku
Siti mengulang ………………….. sekolah
Siti …………………. Belajar
Dia ingin jadi anak …………………….

Kalian sudah mengetahui kebiasaan Siti sepulang sekolah
Contoh kebiasaan baik di siang hari sebagai berikut
Meletakkan peralatan sekolah dengan rapi
Ganti pakaian sekolah
Mencuci tangan sebelum makan siang
Makan siang dengan tenang dan tertib
Mengulang pelajaran di rumah
Istirahat atau tidur siang

Nah, sekarang ceritakan kebiasaanmu di siang hari!
Sampaikan kepada temanmu!


Tentukan mana kebiasaan yang baik
Tentukan juga mana kebiasaan tidak baik



Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
¡  Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang terkait dengan siang hari
¡  Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat sederhana dari kosa kata tentang kegiatan siang hari.
¡  Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi gerak lemah pada suatu tari dengan tepat.
¡  Melalui gerak dan lagu siswa mampu memeragakan gerak lemah dalam sebuah tari.

Materi Pembelajaran:
¡  Bermain menyusun kata menjadi kalimat
¡  Memeragakan gerak lambat dalam tari


MATERI 

Siang ini Edo bermain bersama teman-teman
Edo dan teman-teman bermain kucing-kucingan
Permainannya menggunakan bola
Salah satu teman Edo menjadi kucing
Yang lain melingkar mengelilingi kucing
Edo mulai menendang bola
Bola ditendang kea rah lain dalam lingkaran
Bola tidak boleh tersentuh kucing di tengah
Yang gagal akan jadi kucing
Mereka bermain dengan gembira
Setelah bermain Edo pulang ke rumah
Sampai di rumah Edo berganti pakaian
Sambil istirahat Edo mengambil kartu-kartu kata
Edo menyusun kartu-kartu kata itu menjadi kalimat

Buatlah kata-kata dari kalimat di bawah ini
Pulang
…………………………………………………………………..
Siang
…………………………………………………………………..
Makan
…………………………………………………………………...
Istirahat
…………………………………………………………………..
Tidur
…………………………………………………………………..
Membaca
………………………………………………………………….

Ayo Menari
Siang ini Dayu berlatih naik
Dayu melakukan latihan gerak lambat
Contoh tarian dengan gerak lambat adalah tari serimpi
Dayu berlatih gerak lambat dengan diiringi lagu
Lagu yang mengiringi adalah Lagu Kupu-kupu

Hari/Tanggal: Kamis, 19 September 2019
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
¡  Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata yang berhubungan dengan siang hari.
¡  Setelah mengidentifikasi siswa mampu membuat cerita lisan yang berisi kalimat yang berhubungan dengan siang hari.

Materi Pembelajaran: Melakukan percakapan yang memuat ungkapan perintah

MATERI

Edo sedang menunggu Ibu menyiapkan makan siang
Sambil menunggu makanan Edo belajar
Edo belajar nilai tempat bilangan
Berikut penjelasan tentang nilai tempat





Pasangkan kegiatan yang dilakukan di siang hari


Hari/Tanggal: Jumat, 20 September 2019
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran:
¡  Melalui penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan perintah yang menggunakan bahasa yang santun baik lisan atau tulis.
¡  Melalui kegiatan permainan peran siswa mampu menggunakan ungkapan perintah dengan bahasa yang santun baik lisan atau tulis dengan tepat.
¡  Melalui diskusi, siswa mampu mengidentifikasi kegiatan-kegiatan saiang hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
¡  Melalui bercerita, siswa mampu menunjukkan kegiatan-kegiatan siang hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah.

Materi Pembelajaran:
¡  Sosiodrama kegiatan siang hari yang didalamnya terdapat ungkapan perintah
¡  Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan aturan di rumah

MATERI

Sepulang sekolah Ibu menyuruh Edo tidur siang
Edo menurut perintah Ibu
Edo tahu tidur siang baik untuk kesehatan

Bacalah percakapan di bawah ini!

Ibu                   : Selamat datang kembali Edo.
                          Apakah kamu lelah, Nak?
Edo                 : ya Ibu, Edo sedikit lelah.
Ibu                   : Kalau begitu, setelah makan nanti kamu tidur siang ya Nak!
Edo                 : Baik Bu.
Ibu                   : Jangan lupa bersihkan badanmu ya !
Edo                 : Iya, Bu.

Lakukan percakapan di atas bersama teman mu.

Ayo Mengamati

Usai sekolah Edo langsung ke rumah
Edo meletakkantasnya dengan rapi
Dia juga meletakkan sepatu pada tempatnya
Edo selalu mengikuti aturan di rumah
Edo anak yang tertib di rumah
Apakah kamu juga selalu bersikap tertib di rumah?
Tentukan mana gambar yang menunjukkan sikap tertib di rumah


Edo punya kebiasaan baik sepulang sekolah
Dia suka mengulang pelajaran
Siang ini dia mengulang pelajaran matematika
Edo ingin pandai matematika
Ayo, bantu Edo menyelesaikan soal-soal ini
Tentukan bilangan yang tepat sesuai nilai tempatnya.

Nah sekarang tentukan nilai tempat dari bilangan-bilangan berikut ini!









Tidak ada komentar:

Posting Komentar