. Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan petunjuk yang ada dalam dialog sosiodrama dengan tepat.
2. Melalui kegiatan bermain peran siswa mampu menggunakan ungkapan petunjuk secara lisan dengan tepat
3. Dengan memisahkan kumpulan benda siswa mampu menjelaskan kembali bagaimana cara menentukan hasil pengurangan dua bilangan (21-40) dengan benar.
4. Dengan mengamati prosedur mengurangi dua bilangan siswa dapat mempresentasikan hasil pengurangan bilangan 21-40 menggunakan benda konkret dengan benar.
Materi Pembelajaran
· Melakukan sosiodrama dengan dialog berisi ungkapan petunjuk
· Menyelesaikan soal-soal pengurangan bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam

Merapikan Rumah
Minggu lalu Siti dan orang tuanya menanam bibit cabai.
Mereka menanam di halaman rumah.
Hari ini bibit tersebut sudah tumbuh.
Mereka senang sekali melihat bibit cabai yang tumbuh.
Meskipun ada bibit cabai yang tidak tumbuh.
Simaklah percakapan mereka.
Siti : Ayah, Ibu, lihatlah. Bibit cabai kita sudah tumbuh.
Ibu : Oh, iya benar. Tapi tidak semuanya tumbuh ya.
Ayah : Berarti ada bibit yang kurang baik
Siti : Sayang ya, Yah.
Ayah : Tidak apa-apa. Sekarang bibit yang hidup harus kita rawat dengan baik.
Siti : Bagaimana cara merawatnya, Ayah?
Ayah : Sirami secara teratur pagi dan sore hari.
Siti : Baik, Ayah. Lalu apa lagi?
Ibu : Jangan lupa diberi pupuk secukupnya, Nak.
Siti : Baik, Bu. Aku akan berusaha mengingatnya.
Perhatikan teks percakapan tersebut.
Tunjukkan kalimat ungkapan petunjuknya.
Tunjukkan pula kalimat tanggapannya.
Bersama temanmu perankan percakapan di atas.

Siti merasa senang ikut merawat tanaman.
Sambil merawat tanaman cabai, Siti belaja menghitung.
Pada awalnya Siti menabur 28 bibit cabai. Tetapi 12 bibit capai tidak tumbuh.
Berapakah bibit cabai yang tumbuh?
Beginilah cara Siti menghitungnya.


Tidak ada komentar:
Posting Komentar