Hari/Tanggal : Rabu, 30 Oktober 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks mengenai keluarga besar, siswa dapat menceritakan kegiatan bersama keluarga besarnya serta mampu menunjukkan penggunaan kosa kata ungkapan perkenalan keluarga besar dalam suatu kalimat dengan tepat dan percaya diri.
2. Dengan memilih kata yang tepat, siswa dapat menggunakan kosakata perkenalan dengan baik serta memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa dengan benar.
3. Dengan mengamati teks, siswa dapat melakukan pendataan kepada kedudukan keluarga besarnya dengan baik.
4. Dengan mengamati teks, siswa dapat menceritakan pengalaman mendata anggota keluarga di rumah berdasarkan kedudukannnya.
Materi Pembelajaran :
1. Bercerita pengalaman bersama keluarga besar
2. Menulis kata perkenalan
MATERI
Ayo Mengamati
Berkumpul Bersama Keluarga Besar
Udin rajin mengunjungi kakek dan nenek
Udin senang berkumpul dengan keluarga besar
Kakek dan nenek sudah tua
Tapi kakek dan nenek sehat
Udin sangat menyayangi kakek dan nenek
Udin bersyukur kepada Tuhan
Udin memiliki keluarga besar yang saling menyayangi

Ayo Mengamati
Udin sedang berkunjung ke rumah kakeknya
Di rumah kakeknya ada sebuah tali karet
Udin ingin tajhu berapa panjangnya
Udin mengukur tali karet dengan jengkal tangannya
Anggota tubuh kita bisa digunakan
untuk mengukur panjang suatu benda

Ayo Belajar
Kakek menginap di rumah bela
Kakek mau menanam bunga
Kakek suruh hadi mengukur taman
Sambil bermain bela dan hadi belajar mengukur
Bela dan hadi mengukur panjang dengan alat ukur berikut
Hadi mengukur jarak pohon ke rumah 7 langkah, dengan menggunakan langkak kaki
Bela mengukur panjang meja 8 jengkal, dengan menggunakan jengkal tangan
Ayo Jawab
1. Apakah alat ukur langkah dan jengkal dapat mengukur panjang sebenarnya?
2. Bila bela juga mengukur jarak pohon ke rumah dengan langkah kaki apakah hasilnya sama dengan hadi?
3. Bagaimana bila diukur dengan penggaris?
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan memasangkan kosa kata perkenalan, siswa akan mampu menggunakan kalimat perkenalan yang benar.
2. Dengan mengisi kata perkenalan yang tepat pada latihan di buku siswa, siswa akan mampu menunjukkan penggunaan kosa kata perkenalan dan ungkapan dalam suatu kalimat dengan tepat.
3. Dengan memilih gambar alat-alat menggambar yang benar, siswa mampu mengidentifikasi alat dan bahan yang dapat digunakan membuat gambar ekspresi dengan baik.
4. Dengan memilih gambar alat-alat menggambar yang benar, siswa menyiapkan alat dan bahan untuk membuat karya gambar ekspresi.
Materi Pembelajaran :
1. Menulis kata perkenalan
2. Menggambar
MATERI
Ayo Berlatih
Kegiatan yang bisa kita lakukan
Ketika bersama keluarga besar adalah bermain lompat kelompok
Yuk, kita lihat Udin dan keluarga besarnya bermain lompat kelompok
Udin berkelompok dengan paman, bibi, dan sepupunya
Ayah Udin, ibu Udin, nenek Udin serta kakak Udin di kelompok lain
Tiap anggota kelompok memegang pundak temannya
Tiap kelompok lompat sesuai perintah
Kakek Udin yang memberikan perintahnya

Mari kita bermain seperti keluarga Udin
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring
Paman Arif
Paman Arif adik ayah bela
Bela memanggil paman Arif mamang
Mamang nama panggilan paman di jawa barat
Mang Arif pintar bermain gitar
Mang Arif hafal banyak lagu
Meng Arif senang mengajak keponakannya bernyanyi
Ayo Jawab
1. Siapakah paman arif?
2. Dari manakah paman arif berasal?
3. Apa panggilan paman arif?
4. Siapa yang diajak paman arif bernyanyi?
5. Apa alat musik yang dimainkan paman arif?
Ayo Menulis
Ayah Paman Sepupu Kakek Bibi
1. Ini adalah Bapak Rahmat, …………. Saya
2. …………… saya seorang guru
3. …………… saya bernama Dita
4. …………… saya bernama Aisyah
5. …………… saya bernama Jamal
Ayo Berkreasi
Beni sedang menggambar keluarganya
Beni menggunakan alat dan bahan menggambar
Perhatikan gambar berikut
Manakah alat dan bahan untuk menggambar

Beri tanda centang ( √ ) gambar yang tepat

Tidak ada komentar:
Posting Komentar