Selasa, 28 Januari 2020

[27/1 06.58] Lingga: Jumat, 24 Januari 2020

Tema 5 subtema 4 pembelajaran 4


Hari/Tanggal : Jumat/24 Januari 2020

Pembelajaran 4


Tujuan Pembelajaran :

·         Setelah membaca puisi, siswa dapat menuliskan ungkapan kasih sayang terhadap ibu dengan tepat.

·         Melalui kegiatan membaca puisi siswa dapat mengekspresikan ungkapan kasih sayang dalam puisi dengan tepat.

·         Setelah menyimak teks, siswa mengenal bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat pigura dengan hiasan dari kulit telur.

·         Siswa dapat membuat pigura dengan hiasan dari kulit telur dengan rapi dan indah.

Materi Pembelajaran :

• Pengalaman membaca puisi tentang ibu.

• Pengalaman membuat pigura dengan hiasan kulit telur


Ayo Membaca

Siti sangat menyayangi ibunya.

Ibu Siti adalah wanita yang sangat lembut.

Ibu Siti selalu ramah dan baik hati.

Siti memiliki banyak pengalaman bersama ibunya.

Pengalaman yang membuat Siti semakin kagum

dan menghormati ibunya.

Siti pernah menuliskan sebuah puisi untuk ibunya.

Ayo, kita baca puisi Siti untuk ibunya.




Ayo Mengamati

Membuat pigura foto dengan hiasan kulit telur

Siti ingin membingkai untuk puisinya.

Siti pernah melihat hiasan dari kulit telur milik Udin.

Hiasan itu indah sekali.

Siti ingin membuat pigura dengan hiasan kulit telur.

Siti menyiapkan:

1. Kulit telur yang sudah dibersihkan.

2. Kardus bekas yang cukup tebal.

3. Lem kayu.

4. Penggaris.

5. Pensil.


- Januari 24, 2020 Tidak ada komentar:

Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest

Kamis, 23 Januari 2020

Tema 5 subtema 4 pembelajaran 3

Hari/Tanggal : Kamis/23 Januari 2020

Pembelajaran 3


Tujuan Pembelajaran :

·         Melalui kegiatan membaca teks, siswa dapat menuliskan ungkapan kekaguman terhadap kondisi alam yaitu hujan, dengan tepat.

·         Siswa dapat membuat gambar sesuai dengan syair lagu ”Hujan Rintik Rintik”.

·         Setelah menyimak teks, siswa dapat mengidentifikasi masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40 dengan tepat.

·         Siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40 dengan tepat.

·         Setelah membaca teks, siswa dapat menyebutkan contoh kegiatan kerja sama dalam keberagaman di rumah dengan tepat.

·         Siswa dapat menceritakan pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit dengan tepat.


Materi Pembelajaran :

• Pengalaman mengenal ungkapan kekaguman dalam lagu Hujan Rintik Rintik.

• Pengalaman mengenal masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil

   maksimal 40.

• Pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit.


Ayo Mengamati

Hujan turun rintik-rintik.

Edo dan Beni sedang bermain di halaman rumah Beni.

Saat itu matahari masih bersinar.

Tiba-tiba Edo dan Beni melihat pelangi.

Mereka senang dan bersorak melihat pelangi yang indah.

Ini merupakan pengalaman mereka yang pertama.

Pengalaman ini sangat mengesankan bagi mereka.

Mereka melompat-lompat senang sambil bernyanyi.




Ayo Mencoba

1.Dayu melihat ada 10 burung nuri dan 16 burung kakaktua.

    Berapa banyak burung yang ada di kandang burung tersebut?

2. Siti melihat ada 11 orang utan dewasa dan 18 anak orang utan.

    Berapa banyak orang utan yang ada di kandang itu?Jawaban

3. Di depan kandang gajah, ada 15 pengunjung laki-laki dan 13 pengunjung perempuan.

    Berapakah banyak pengunjung yang ada di kandang gajah?Jawaban

4. Di sekitar tempat sampah ada 14 sampah. Diatas tutup tempat sampah ada 10 sampah.

    Berapa banyak sampah tersebut?Jawaban

5. Sebelum pulang, Beni menghitung buaya yang ada di kandang.

    Ada 11 buaya di dalam air dan 13 buaya di luar kolam.

    Berapa banyak buaya yang ada di kandang tersebut?


Ayo Mengamati

Tulis huruf B untuk kalimat yang sesuai dengan cerita Edo Sakit.

Tulis S untuk kalimat yang tidak sesuai.


Sepulang dari kebun binatang Edo merasa baik-baik saja.


Edo dibawa ke dokter oleh ayah dan ibunya.


Edo sakit flu.


Ayah dan ibu memarahi Edo karena terlalu lelah main hujan dan pergi ke kebun

binatang.


Seluruh keluarga Edo bekerja sama merawat selama Edo sakit.


Ibu membuatkan sup untuk Edo.


Ayah membiarkan Edo lupa minum obat.


Ayah dan ibu menyayangi Edo.



- Januari 23, 2020 Tidak ada komentar:

Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest

Rabu, 22 Januari 2020

Tema 5(pengalamanku) subtema 4(pengalaman yang berkesan)

Bahan ajar dan materi pembelajaran

Tema 5 Pengalamanku

Subtema 4 Pengalaman yang berkesan


Banyak pengalaman yang tidak bisa kita lupakan.

Pengalaman yang menyenangkan dan tidak bisa dilupakan.

Pengalaman itu disebut pengalaman yang berkesan.

Pengalaman belajar bersepeda bersama Ayah.

Pengalaman dibacakan cerita oleh Ibu.

Pengalaman bermain lempar bola bersama teman.

Pengalaman berkunjung ke kebun binatang.

Semua itu merupakan pengalaman yang berkesan.

Kamu pasti mempunyai pengalaman yang berkesan.

Ceritakan kepada temanmu.


Hari/Tanggal    : Rabu, 22 Januari 2020

Pembelajaran 1 & 2


Tujuan Pembelajaran :

·         Setelah menyanyikan lagu ‘Kasih Ibu’, siswa dapat menuliskan ungkapan hormat kepada ibu dalam sebuah syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat.

·         Melalui kegiatan bernyanyi, siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat.

·         Setelah menyimak teks, siswa dapat menggali informasi tentang contoh kegiatan kerja sama dalam keberagaman di rumah.

·         Setelah mengumpulkan informasi, siswa dapat menceritakan pengalaman kerja sama membersihkan rumah bersama keluarga.

·         Melalui kegiatan menyimak teks, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan bahan berasal dari hewan yaitu melukis kulit telur.

Siswa mampu membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan bahan yang berasal dari hewan (melukis kulit telur).

Materi Pembelajaran :

• Pengalaman mengenal ungkapan kasih sayang dalam lagu Kasih Ibu

• Pengalaman mengenal kegiatan kerja sama di rumah

• Pengalaman mengenal pemanfaatan kulit telur untuk dibuat hiasan


Ayo Bernyanyi

Udin dan kakaknya senang bernyanyi.

Udin, kakak, ayah, dan ibu sering bernyanyi bersama.

Mereka bernyanyi lagu gembira.

Suasana menjadi lebih ceria saat satu keluarga bernyanyi bersama.

Bernyanyi bersama merupakan pengalaman yang mengesankan.

Ayo, kita bernyanyi bersama.



Ayo Mengamati

Berilah tanda (v) pada kegiatan kerja sama dalam keluarga, dan berilah tanda (x) pada kegiatan yang

bukan kerja sama.





Ayo Membaca

Udin dan keluarga juga sedang membersihkan rumah.

Udin mendapat tugas membuang sampah.

Sebelumnya Udin memisahkan sampah kulit telur.

Kulit telur sisa ibu membuat kue banyak sekali.

Udin teringat akan Paman Panji.

Paman Panji pernah membuat hiasan dari kulit telur.

Paman Panji mengajarkan Udin cara membuatnya.


Pembelajaran 2


Tujuan Pembelajaran :

·         Setelah melakukan kegiatan membaca puisi, siswa dapat menuliskan ungkapan rasa persahabatan dengan tepat.

·         Melalui kegiatan menulis puisi sederhana, siswa dapat mengekspresikan ungkapan rasa persahabatan dengan tepat.


Materi Pembelajaran :

• Pengalaman membaca dan membuat puisi untuk sahabat


Ayo Membaca

Siti berhasil melakukan gerakan keseimbangan. Bapak guru memujinya.

Siti bersyukur. Dukungan teman-teman membuat Siti berani mencoba lagi.

Siti merasa senang memiliki teman seperti Lani dan Dayu.

Di kelas, Siti menulis puisi tentang persahabatan.

Ayo, baca puisi karangan Siti.















Ayo Menulis

Ayo, tuliskan puisi sederhana tentang persahabatan dengan temanmu.





Tujuan Pembelajaran :

·         Melalui kegiatan membaca teks, siswa dapat menuliskan ungkapan kekaguman terhadap kondisi alam yaitu hujan, dengan tepat.

·         Siswa dapat membuat gambar sesuai dengan syair lagu ”Hujan Rintik Rintik”.

·         Setelah menyimak teks, siswa dapat mengidentifikasi masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40 dengan tepat.

·         Siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40 dengan tepat.

·         Setelah membaca teks, siswa dapat menyebutkan contoh kegiatan kerja sama dalam keberagaman di rumah dengan tepat.

·         Siswa dapat menceritakan pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit dengan tepat.


Materi Pembelajaran :

• Pengalaman mengenal ungkapan kekaguman dalam lagu Hujan Rintik Rintik.

• Pengalaman mengenal masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil

   maksimal 40.

• Pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit.
[27/1 07.43] Lingga: Pembelajaran 5&6

Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
·         Melalui kegiatan menyimak syair
, siswa dapat menemukan kata-kata yang ada dalam syair lagu dengan tepat.
·         Siswa dapat membuat kalimat menggunakan kata-kata dari syair lagu dengan tepat.
·         Setelah menyimak teks, siswa dapat menjelaskan cara penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 menggunakan benda konkret.
·         Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 dengan bantuan benda konkret.


Materi Pembelajaran :
 • Pengalaman menyanyikan lagu Bintang Kecil bersama-sama
• Pengalaman menjumlah dua bilangan cacah sampai dengan 40



Ayo Bernyanyi
Malam ini langit cerah.
Bintang-bintang cemerlang menghiasi langit.
Siti, ayah, dan ibu duduk di teras.
Mereka menikmati suasana malam.
Jagung dibakar sebagai kudapan.
Menambah kesan pengalaman melihat bintang.
Siti teringat lagu yang sering dinyanyikan sejak kecil.
Siti bersenandung menyanyikan lagi bintang kecil.


Ayo Berlatih
Gambarlah bintang-bintang sesuai yang diperintahkan.
Selanjutnya, jumlahkan bintang-bintang itu.
Lakukan sesuai contoh.











Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
·         Setelah membaca puisi, siswa dapat menuliskan ungkapan kasih sayang kepada adik dalam sebuah puisi yang diperdengarkan dengan tepat.
·         Siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan sayang dalam sebuah puisi yang telah didengar dengan tepat.
·         Setelah menyimak teks, siswa dapat menuliskan kegiatan-kegiatan kerjasama dalam keberagaman di rumah dengan tepat.
·         Siswa dapat menceritakan pengalaman kerja sama saat berbelanja bersama anggota keluarga dengan percaya diri.
·         Siswa dapat menjelaskan cara penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 menggunakan benda konkret.
·         Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 dengan bantuan benda konkret dengan tepat.


Materi Pembelajaran :
• Pengalaman memiliki Adik
• Pengalaman berbelanja bersama keluarga
• Pengalaman menjumlah dengan kegiatan menggunting dan menempel

Ayo Menulis
Ingatkah kamu, pengalaman pertama yang mengesankan?
Tuliskan puisi tentang pengalamanmu, di dalam kotak berikut.






Ayo Mengamati
Udin memiliki kebutuhan yang berbeda dari kakak.
Udin membutuhkan baju kecil yang nyaman.
Udin butuh popok.
Udin juga butuh selimut.
Hari ini ibu dan ayah mengajak Mutiara berbelanja kebutuhan Udin.
Ayah berjanji, Mutiara juga akan dibelikan pakaian baru.
Mutiara senang sekali.


Ayo Bercerita
Apakah kamu pernah berbelanja bersama keluarga?
Apa saja kerja sama yang keluargamu lakukan saat berbelanja.
Ayo ceritakan pengalama



Tidak ada komentar:

Posting Komentar