Hari/Tanggal : senin, 20 Januari 2020
Pembelajaran 2 & 3
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
· Setelah mengamati dan mendengarkan cerita yang dibacakan, siswa dapat menyebutkan kata ajakan secara lisan dengan benar.
· Setelah melakukan diskusi, siswa dapat menyebutkan kata ajakan dengan tepat.
· Setelah mengetahui macam-macam kata ajakan, siswa dapat mengungkapkan kata ajakan secara lisan dengan tepat.
· Setelah mengamati gambar, siswa dapat menggunakan kata ajakan secara lisan dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
· Mengungkapkan kalimat ajakan secara lisan
Ayo Berdiskusi
Dayu mengajak teman-teman bermain di halaman sekolah.
Dayu menggambar kotak-kotak berurutan.
Selanjutnya, kotak-kotak ditulisi dengan angka.
Setelah itu, Dayu melompati setiap kotak.
Rupanya Dayu mengajak bermain engklek.
Engklek adalah permainan tradisional.
Bermain engklek membuat badan bugar dan sehat.
Bagaimanakah kalimat yang tepat untuk mengajak bermain?
Diskusikan bersama teman.
Ayo Berlatih
Amati gambar-gambar berikut.

Dayu mengajak Lani bermain ayunan.
Kalimat ajakan :...................................
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
· Setelah mendengarkan cerita guru, siswa dapat menyebutkan keberagaman kegemaran individu dengan runtut dan percaya diri.
· Dengan mewawancarai anggota keluarga di rumah, siswa dapat menemukan informasi mengenai keberagaman kegemaran individu di rumah dengan tepat.
· Setelah menemukan informasi mengenai keberagaman anggota keluarga di rumah, siswa dapat memahami adanya perbedaan karakteristik pada anggota keluarga dengan benar.
· Dengan menuliskan kesimpulan tentang ragam kegemaran anggota keluarga di rumah, siswa dapat mempresentasikan keberagaman kegemaran individu di rumah kepada teman dengan runtut dan percaya diri.
· Dengan mengamati cerita bergambar yang ditunjukkan guru, siswa dapat menyebutkan ragam kata ajakan dengan tepat.
· Dengan mengetahui berbagai kata ajakan dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menemukan kalimat ajakan dengan tepat.
· Melalui permainan memasangkan gambar dengan kata, siswa dapat mencocokkan gambar dengan kalimat ajakan yang tepat.
· Dengan melakukan permainan memasangkan gambar dengan kata, siswa dapat menggunakan kata ajakan secara lisan dengan tepat.
· Dengan menggunakan gambar kumpulan benda, siswa dapat menentukan kumpulan benda yang anggotanya lebih banyak/lebih sedikit.
· Dengan menggunakan gambar kumpulan benda, siswa dapat mengurutkan kumpulan benda berdasarkan banyak anggotanya.
· Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menggunakan kata lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak dalam membandingkan kumpulan benda.
· Dengan mengamati banyak kumpulan benda, siswa dapat mengurutkan banyak benda.
Materi Pembelajaran :
• Mencatat ragam kegemaran anggota keluarga pada teman sekelas
• Memasangkan gambar dengan kata ajakan yang sesuai
• Membandingkan dan mengurutkan benda 21–40 dengan benda Konkret
Tuliskan hewan yang digemari anggota keluargamu.
Ayo Berlatih
Mintalah keluargamu memilih hewan yang paling disukai beserta alasannya.
Tuliskan hewan yang digemari anggota keluargamu.
Anggota Keluarga
Hewan yang Disukai
Alasan
Ayah
Ibu
Kakak
Adik
Apakah hewan yang disukai ayah, ibu, kakak, dan adikmu sama? Ceritakan kepada teman di depan kelas.
Ayo Berlatih
Pasangkan gambar dengan kalimat ajakan yang tepat.

Ayo Berlatih
Bandingkanlah
Hitung banyak balok di bawah ini. Bandingkan menggunakan kata lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak.

Hari/Tanggal : Senin, 20 Januari 2020
Pembelajaran 4 & 5
Hari/Tanggal : Senin, 20 Januari 2020
Pembelajaran 4 & 5
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
· Dengan membaca nyaring bacaan yang terdapat pada buku, siswa dapat memahami isi bacaan dengan tepat.
· Setelah memahami isi bacaan yang terdapat pada buku, siswa dapat menunjukkan kata ajakan yang terdapat dalam bacaan dengan tepat.
· Setelah menunjukkan kata ajakan yang terdapat dalam bacaan, siswa dapat menyebutkan contoh kata ajakan lainnya dengan benar.
· Setelah menyimak berbagai kata ajakan yang disampaikan oleh teman, siswa dapat menanggapi kata ajakan yang telah disebutkan dengan runtut dan percaya diri.
· Setelah menyimak penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk membuat karya ekspresi tiga dimensi dari bahan lunak dengan baik.
· Setelah mempraktikkan cara membuat bubur kertas, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya ekspresi tiga dimensi dari bahan lunak.
· Setelah membuat bubur kertas, siswa dapat membentuk bubur kertas menjadi karya tiga dimensi berupa bingkai sesuai tema yang telah ditentukan.
Materi Pembelajaran :
• Menunjukkan kata ajakan pada suatu cerita sederhana
•Membuat bubur kertas
Bacalah cerita di bawah ini.
Ada berbagai binatang di sana.
Dayu mengajak Siti melihat gajah.
”Ayo, kita lihat gajah, Siti” ajak Dayu.
Edo mengajak Beni ke kandang jerapah.
”Yuk, kita ke kandang jerapah” kata Edo.
Mereka belajar bersama tentang binatang.
Mereka mendapat pengalaman yang menyenangkan.
Tunjukkan kalimat ajakan pada cerita di atas.
Diskusikan dengan teman kata ajakan yang lainnya.
Ayo Berkreasi
Saat karyawisata, bu guru mengabadikan dalam sebuah foto.
Foto dapat menjadi kenangan suatu peristiwa.
Foto dengan kenangan indah dapat kita bingkai.
Mari membuat bingkai foto.
Bingkai dibuat dari bubur kertas.
Ikuti langkah-langkah berikut.
1. Sobek 4 lembar koran menjadi potongan kecil.
2. Tuang 5 sendok makan lem ke dalam wadah.
3. Tambahkan air secukupnya ke dalam lem.
4. Aduk lem dan air sampai larut, lalu tambahkan sobekan koran.
5. Saring bubur kertas menggunakan kain.
6. Bentuk menjadi bingkai foto.
7. Buatlah bingkai dengan berbagai bentuk lainnya.
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
· Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengungkapkan kalimat ajakan yang tepat sesuai isi gambar.
· Setelah mengamati kalimat ajakan, siswa dapat menuliskan tanggapan dari kalimat ajakan yang telah ditulis teman dengan tepat.
· Dengan menggunakan lembar kegiatan siswa pada buku siswa, siswa dapat membandingkan dua bilangan dari 21 sampai dengan 40 dengan istilah lebih dari, kurang dari, sama dengan.
· Dengan menggunakan lembar kegiatan siswa pada Buku Siswa, siswa dapat mengurutkan bilangan dari 21 sampai dengan 40.
· Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menggunakan kata lebih dari, kurang dari, atau sama dengan saat membandingkan bilangan.
· Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mengidentifikasi banyak dan urutan bilangan dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
• Menanggapi ungkapan kata ajakan yang tepat
• Membandingkan dan mengurutkan bilangan 21–30
Ayo Berlatih
Beri tanda (v) pada kalimat ajakan yang tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar