Kamis, 30 Januari 2020

Tema 6

hari/Tanggal :30-01-2020

Pembelajaran 3

Tujuan Pembelajaran

1. Melalui diskusi siswa mampu menyusun menjelaskan aturan yang harus diterapkan di rumah   agar bisa meningkatkan kebersihan di lingkungan rumah.

2. Melalui kerja kelompok siswa mampu menunjukkan aturan yang harus diterapkan untuk menjaga kebersihan rumah dengan percaya diri.

3. Melalui penjelasan guru siswa mampu menunjukkan kalimat yang merupakan ungkapan petunjuk.

4. Melalui permainan siswa mampu menyusun kalimat ungkapan petunjuk dengan benar.

5. Melalui fenomena sehari-hari yang dipilihkan guru siswa mampu mengidentifikasi masalah hari-hari yang melibatkan proses .

6. Dengan mengkaji cara mengurangkan dua bilangan, siswa dapat mengomunikasikan hasil pengurangan dua bilangan 21-40 tanpat teknikmeminjam dengan benar.


Materi Pembelajaran


·         Mendiskusikan aturan apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan rumah dan mempresentasikannya di depan kelas

·         Bermain menyusun kalimat ungkapan petunjuk dari sebuah kata yang berhubungan   

            dengan lingkungan rumah yang ditentukan

·         Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan proses pengurangan bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam

Ayo Berdiskusi

Perhatikan gambar di bawah ini






                                                                                                                               







Jika kita malas membersihkan rumah, beginilah jadinya.

Suasana rumah jadi kotor dan tidak nyaman ditempati.Banyak semut, lalat, dan serangga lainnya.

Pakaian yang kotor dan menumpuk juga akan mengundang nyamuk


Ayo kita berlatih membaca dan menyusun kalimat.Bacalah kartu-kartu kata berikut ini.Susunlah menjadi ungkapan petunjuk.

Contoh:


Tempatnya -  pada -  buanglah –sampah


Susunan kalimat yang benar adalah:


Buangkah sampah pada tempatnya












Hari/Tanggal:04-03-2020

Pembelajaran 4

1. Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat tanggapan terhadap ungkapan petunjuk

2. Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat berupa ungkapan petunjuk dan membuat kalimat tanggapannya.

3. Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi kuat lemah bunyi

4. Melalui permainan alat musik ritmis siswa mampu memeragakan kuat lemah bunyi pada sebuah lagu.


Mateari Pembelajaran:

• Melakukan gerak guling depan dalam senam lantai

• Menggunakan ungkapan petunjuk dalam suatu percakapan sederhana

• Memeragakan kuat lemah bunyi menggunakan instrumen musik ritmis


Selesai berolahraga Udin dan teman-teman bermain musik.

Mereka memainkan marakas dan rebana.Sambil bermain mereka belajar membedakan bunyi

kuat dan lemah.Ikuti petunjuk cara memainkan marakas dan rebana.Mainkanlah dengan iringan lagu.Bedakan kuat lemah bunyi lewat permainan alat musik


Ayo Mencoba

 



Ayo M



Ayo Berlatih


Nah, sekarang cobalah membuat kalimat

tanggapan dari petunjuk berikut ini.

1. Petunjuk: Membersihkan debu sebaiknya dengan lap basah

Tanggapan: ……………………………………………..

2. Petunjuk: Letakkan bola di keranjang.

Tanggapan: ……………………………………………….

3. Petunjuk: Selesai digunakan, mainan dikembalikan ke tempatnya.

Tanggapan: ……………………………………………….

4. Petunjuk: Lantai rumah sebaiknya dipel setiap hari.

Tanggapan: ……………………………………………….

5. Petunjuk: Semprot kaca dengan cairan pembersih. Lalu, gosok dengan lap atau karet

pembersih kaca.

Tanggapan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar