Yusnida
Selasa, 28 Januari 2020
Tema 6 Lingkungan bersih, sehat, dan asri subtema 1 lingkungan rumahku
Bahan Ajar Dan Materi Pembelajaran
Tema 6 Lingkungan Bersih,Sehat dan Asri
Sub 1 Lingkungan Rumahku
Rumah adalah tempat kita tinggal.
Di dalamnya, kita hidup bersama keluarga.
Setiap anggota keluarga punya tanggung jawab.
Kerja sama menjaga kebersihan rumah harus
dilakukan.
Kasih sayang di lingkungan rumah harus
dipelihara.
Jika demikian rumah menjadi nyaman bagi kita.
Rumah yang bersih membuat kita terhindar dari
penyakit.
Rumah yang sehat membuat kita betah di
dalamnya.
Kita bersyukur memiliki rumah yang bersih, sehat,
dan nyaman.

Hari/Tanggal : 28-01-2020
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui kegiatan membaca dan menyimak isi bacaan siswa mampu
menyebutkan ungkapan petunjuk yang terdapat dalam teks dengan tepat.
2. Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan ungkapan
petunjuk yang ada di dalam teks dengan tepat.
3. Melalui kegiatan diskusi siswa mampu menggali informasi dan
menjelaskan aturan di rumah yang berhubungan dengan kebersihan
rumah.
4. Melalui kegiatan wawancara siswa mampu mendata kegiatan di rumah
yang berkaitan dengan aturan menjaga kebersihan di rumah.
5. Dengan menyimak lagu dan penjelasan guru siswa mampu
mengidentifikasi kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
6. Dengan menggunakan instrumen musik ritmis siswa mampu
mempraktikkan kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
Materi Pembelajaran
• Menyebutkan dan menuliskan ungkapan petunjuk yang terdapat di dalam teks tentang lingkungan rumah
• Diskusi tentang aturan menjaga kebersihan di rumah
• Membedakan kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu sesuai tema
Ayo Mengamati
Beri tanda (√) pada kalimat yang merupakan ungkapan petunjuk.
1. Setiap hari ibu membersihkan rumah.
2. Cucilah tangan dengan sabun.
3. Ayah membuang sampah di tempatnya.
4. Sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur.
5. Gunakan cairan pembersih lantai saat mengepel
Amati gambar berikut ini dan bandingkan.
Rumah manakah yang lebih nyaman untuk
ditinggali?

A B

Diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Menurutmu apa yang menyebabkan keadaan rumah pada kedua gambar itu berbeda?
.....................................................................................
2. Apa yang harus dilakukan agar lingkungan rumah pada gambar A menjadi bersih?
.....................................................................................
3. Apa kewajiban kita agar kebersihan rumah terjaga?
.....................................................................................
Rumah tempat kita berkumpul bersama keluarga.Rumah yang bersih membuat kita merasa nyaman.
Kebersihan rumah tanggung jawab semua anggota keluarga.
Saat di rumah kita harus mengikuti aturan rumah.
Jika aturan dilanggar suasana rumah jadi tidak nyaman.
Simaklah lagu berikut ini
Nyanyikan bersama teman-temanmu
Si Nyamuk Nakal
Pencipta lagu: Papa T. Bob
Banyak nyamuk di rumahku
Gara-gara aku malas bersih-bersih
Banyak semut di rumahku
Gara-gara aku malas bersih-bersih
Banyak tikus di rumahmu
Gara-gara kamu malas bersih-bersih
Banyak lalat di rumahmu
Gara-gara kamu malas bersih-bersih
Nyamuk-nyamuk nakal
Semut-semut nakal
Sukanya menggoda aku
Tikus-tikus nakal
Lalat-lalat nakal
Sukanya membikin kotor
Hari/Tanggal:Rabu/29-1-2020
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab siswa mampu menjelaskan ciri-ciri kalimat ungkapan petunjuk.
2. Menggunakan potongan-potongan cerita bergambar siswa mampu mengurutkan suatu kegiatan berdasarkan ungkapan petunjuk yang ada pada potongan-potongan cerita.
Materi Pembelajaran
• Menyusun cerita bergambar yang berisi ungkapan petunjuk dengan urutan yang benar
Di bawah ini gambar petunjuk cara mencuci piring, Susunan gambar belum berurutan.Gunting lalu susunlah secara berurutan
. 
Hari/Tanggal :Rabu/29-01-2020
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui diskusi siswa mampu menyusun menjelaskan aturan yang harus diterapkan di rumah agar bisa meningkatkan kebersihan di lingkungan rumah.
2. Melalui kerja kelompok siswa mampu menunjukkan aturan yang harus diterapkan untuk menjaga kebersihan rumah dengan percaya diri.
3. Melalui penjelasan guru siswa mampu menunjukkan kalimat yang merupakan ungkapan petunjuk.
4. Melalui permainan siswa mampu menyusun kalimat ungkapan petunjuk dengan benar.
5. Melalui fenomena sehari-hari yang dipilihkan guru siswa mampu mengidentifikasi masalah hari-hari yang melibatkan proses .
6. Dengan mengkaji cara mengurangkan dua bilangan, siswa dapat mengomunikasikan hasil pengurangan dua bilangan 21-40 tanpat teknikmeminjam dengan benar.
Materi Pembelajaran
· Mendiskusikan aturan apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan rumah dan mempresentasikannya di depan kelas
· Bermain menyusun kalimat ungkapan petunjuk dari sebuah kata yang berhubungan
dengan lingkungan rumah yang ditentukan
· Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan proses pengurangan bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam
Ayo Berdiskusi
Perhatikan gambar di bawah ini

Jika kita malas membersihkan rumah, beginilah jadinya.
Suasana rumah jadi kotor dan tidak nyaman ditempati.Banyak semut, lalat, dan serangga lainnya.
Pakaian yang kotor dan menumpuk juga akan mengundang nyamuk
Ayo kita berlatih membaca dan menyusun kalimat.Bacalah kartu-kartu kata berikut ini.Susunlah menjadi ungkapan petunjuk.
Contoh:
Tempatnya - pada - buanglah –sampah
Susunan kalimat yang benar adalah:
Buangkah sampah pada tempatnya


Hari/Tanggal:Kamis/30-1-2020
Pembelajaran 4
1. Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat tanggapan terhadap ungkapan petunjuk
2. Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat berupa ungkapan petunjuk dan membuat kalimat tanggapannya.
3. Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi kuat lemah bunyi
4. Melalui permainan alat musik ritmis siswa mampu memeragakan kuat lemah bunyi pada sebuah lagu.
Mateari Pembelajaran:
• Melakukan gerak guling depan dalam senam lantai
• Menggunakan ungkapan petunjuk dalam suatu percakapan sederhana
• Memeragakan kuat lemah bunyi menggunakan instrumen musik ritmis
Selesai berolahraga Udin dan teman-teman bermain musik.
Mereka memainkan marakas dan rebana.Sambil bermain mereka belajar membedakan bunyi
kuat dan lemah.Ikuti petunjuk cara memainkan marakas dan rebana.Mainkanlah dengan iringan lagu.Bedakan kuat lemah bunyi lewat permainan alat musik
Ayo Mencoba
 
Ayo M
Ayo Berlatih
Nah, sekarang cobalah membuat kalimat
tanggapan dari petunjuk berikut ini.
1. Petunjuk: Membersihkan debu sebaiknya dengan lap basah
Tanggapan: ……………………………………………..
2. Petunjuk: Letakkan bola di keranjang.
Tanggapan: ……………………………………………….
3. Petunjuk: Selesai digunakan, mainan dikembalikan ke tempatnya.
Tanggapan: ……………………………………………….
4. Petunjuk: Lantai rumah sebaiknya dipel setiap hari.
Tanggapan: ……………………………………………….
5. Petunjuk: Semprot kaca dengan cairan pembersih. Lalu, gosok dengan lap atau karet
pembersih kaca.
Tanggapan: ……………………………………………….
Hari/Tanggal:Jumat/31-1-2020
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan petunjuk yang ada dalam dialog sosiodrama dengan tepat.
2. Melalui kegiatan bermain peran siswa mampu menggunakan ungkapan petunjuk secara lisan dengan tepat
3. Dengan memisahkan kumpulan benda siswa mampu menjelaskan kembali bagaimana cara menentukan hasil pengurangan dua bilangan (21-40) dengan benar.
4. Dengan mengamati prosedur mengurangi dua bilangan siswa dapat mempresentasikan hasil pengurangan bilangan 21-40 menggunakan benda konkret dengan benar.
Materi Pembelajaran
· Melakukan sosiodrama dengan dialog berisi ungkapan petunjuk
· Menyelesaikan soal-soal pengurangan bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam

Merapikan Rumah
Minggu lalu Siti dan orang tuanya menanam bibit cabai.
Mereka menanam di halaman rumah.
Hari ini bibit tersebut sudah tumbuh.
Mereka senang sekali melihat bibit cabai yang tumbuh.
Meskipun ada bibit cabai yang tidak tumbuh.
Simaklah percakapan mereka.
Siti : Ayah, Ibu, lihatlah. Bibit cabai kita sudah tumbuh.
Ibu : Oh, iya benar. Tapi tidak semuanya tumbuh ya.
Ayah : Berarti ada bibit yang kurang baik
Siti : Sayang ya, Yah.
Ayah : Tidak apa-apa. Sekarang bibit yang hidup harus kita rawat dengan baik.
Siti : Bagaimana cara merawatnya, Ayah?
Ayah : Sirami secara teratur pagi dan sore hari.
Siti : Baik, Ayah. Lalu apa lagi?
Ibu : Jangan lupa diberi pupuk secukupnya, Nak.
Siti : Baik, Bu. Aku akan berusaha mengingatnya.
Perhatikan teks percakapan tersebut.
Tunjukkan kalimat ungkapan petunjuknya.
Tunjukkan pula kalimat tanggapannya.
Bersama temanmu perankan percakapan di atas.

Siti merasa senang ikut merawat tanaman.
Sambil merawat tanaman cabai, Siti belaja menghitung.
Pada awalnya Siti menabur 28 bibit cabai. Tetapi 12 bibit capai tidak tumbuh.
Berapakah bibit cabai yang tumbuh?
Beginilah cara Siti menghitungnya.


Hari/Tangan:jum'at/31-1-2020
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui penjelasan dan contoh guru, siswa mampu mengidentifikasi ungkapan petunjuk dengan tepat.
2. Melalui pembuatan cerita gambar berseri, siswa mampu menyusun kalimat ungkapan petunjuk dengan benar.
3. Melalui gambar siswa mampu mengidentifikasi aturan-aturan menjaga kebersihan di rumah.
4. Melalui simulasi/pantomim sederhana, siswa mampu memeragakan kegiatan menjaga kebersihan di rumah.
5. Dengan memaknai kalimat pada soal cerita sederhana siswa dapat menjelaskan cara menentukan hasil pengurangan dua bilangan (21-40) dengan benar.
6. Dengan mengamati prosedur penyelesaian soal, siswa dapamenyelesaikan soal cerita sederhana terkait pengurangan dua bilanga(21-40) dengan benar
Materi Pembelajaran
Menyusun cerita berisi ungkapan petunjuk tentang cara-cara menjaga
kebersihan rumah dengan bantuan gambar berseri
• Memeragakan kegiatan di rumah yanberkaitan dengan aturan menjaga
kebersihan
• Menyelesaikan masalah sehari-hari yanmelibatkan pengurangan bilangan 21-40
tanpa teknik meminjam

- Januari 28, 2020 Tidak ada komentar:
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest
Senin, 27 Januari 2020
Tema 5 subtema 4 pembelajaran 5&6
Hari/Tanggal : Senin/27 Januari 2020
Pembelajaran 5&6
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
· Melalui kegiatan menyimak syair lagu, siswa dapat menemukan kata-kata yang ada dalam syair lagu dengan tepat.
· Siswa dapat membuat kalimat menggunakan kata-kata dari syair lagu dengan tepat.
· Setelah menyimak teks, siswa dapat menjelaskan cara penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 menggunakan benda konkret.
· Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 dengan bantuan benda konkret.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman menyanyikan lagu Bintang Kecil bersama-sama
• Pengalaman menjumlah dua bilangan cacah sampai dengan 40

Ayo Bernyanyi
Malam ini langit cerah.
Bintang-bintang cemerlang menghiasi langit.
Siti, ayah, dan ibu duduk di teras.
Mereka menikmati suasana malam.
Jagung dibakar sebagai kudapan.
Menambah kesan pengalaman melihat bintang.
Siti teringat lagu yang sering dinyanyikan sejak kecil.
Siti bersenandung menyanyikan lagi bintang kecil.
Ayo Berlatih
Gambarlah bintang-bintang sesuai yang diperintahkan.
Selanjutnya, jumlahkan bintang-bintang itu.
Lakukan sesuai contoh.
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
· Setelah membaca puisi, siswa dapat menuliskan ungkapan kasih sayang kepada adik dalam sebuah p
Tidak ada komentar:
Posting Komentar