Jumat, 10 Januari 2020

Tema 5 pembelajaran 6 subtema 1

Hari/Tanggal : Jumat, 10 Januari 2020

Pembelajaran 6

Tujuan Pembelajaran:

·         Setelah mengamati simbol-simbol sila Pancasila, siswa dapat menuliskan simbol sila kedua Pancasila dengan tepat.

·         Setelah mengenal rantai sebagai simbol dari sila kedua Pancasila, siswa dapat menuangkannya dalam bentuk gambar dengan tepat.

·         Dengan menggunakan gambar kumpulan benda, siswa dapat menghitung banyak anggota suatu kumpulan objek sebanyak 21 sampai 40 dengan cara mengelompokkan.

·         Dengan menggunakan gambar kumpulan benda dan lambang bilangan, siswa dapat memasangkan lambang bilangan 21 sampai 40 dengan kumpulan objek yang banyak anggotanya sesuai.

·         Setelah membaca cerita sederhana, siswa mampu menemukan ungkapan pujian dengan tepat.

·         Setelah membuat cerita sederhana untuk bermain peran, siswa mampu memerankan ungkapan pujian lisan dengan tepat dan percaya diri.

Materi Pembelajaran:

·         Bermain kartu memasangkan bilangan

·         Bermain Peran tentang ungkapan pujian


Ayo Mengamati


Siti dan Dayu beteman sejak kecil

Mereka selalu tolong-menolong

Jika Siti kesulitan, Dayu siap membantu

Jika Dayu perlu bantuan, Siti langsung menolong

Tolong-menolong adalah sikap yang baik

Perilaku tersebut sesuai dengan Pancasila

Masih ingatkah kamu bunyi sila kedua?

Simbolnya adalah rantai.


Ayo Berlatih

Symbol sila kedua adalah rantai

Salin tulisan berikut

Simbol sila kedua adalah rantai

                                                                                               

                                                                                             

                                                                                               





Ayo Mencoba

               Banyak Benda dan Lampang Bilangan

Edo, Udin, dan Beni senang bermain bersama

Mereka sering bermain kelereng. Mereka punya banyak kelereng

Mereka ingin menghitung banyaknya

Kelereng itu dikelompokkan

Kemudian mereka menghitung bersama-sama




Ayo, kita lakukan hal yang sama seperti Udin dan teman-teman

Gunakan benda-benda yang ada di sekitarmu


Ayo Berlatih

Hitung banyaknya

Tuliskan hasilnya di kotak








Ayo Bermain Peran

Udin mengajak Edo bersepeda

Tujuannya adalah lapangan bola

Tapi Edo terlihat bingung


Amati percakapan berikut

Udin       : Edo, kenapa kamu tampak bingung?

Edo        : Rantai sepedaku putus

Udin       : Kalung begitu ayo naik sepedaku

Edo        : Betulkah Udin? Tapi lapangan agak jauh

Udin       : Tidak masalah, Edo. Kita kan harus saling membantu

Edo        : Kamu baik sekali, Udin.

                 Aku senang punya teman sepertimu

Pernahkah kamu mengalami hal yang sama seperti Edo dan Udin?

Buat ceritanya, lalu perankan di depan kelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar