Kamis, 19 Maret 2020
Tema 7 subtema 4 pembelajaran 6
Maret 19, 2020
Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 6 (19 Maret 2020)
Hari/Tanggal : Kamis, 19 Maret 2020
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar dengan tepat.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menggali informasi tentang aturan di rumah berkaitan dengan benda-benda dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat mendata kegiatan berkaitan dengan aturan tentang benda-
benda yang ada di rumah dengan benar.
5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi hubungan pengurangan dan penjumlahan dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mengubah kalimat matematika pengurangan menjadi
penjumlahan dan sebaliknya dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengidentifikasi berbagai bahan pembuat benda
2. Mengenal hubungan penjumlahan dan pengurangan
3. Mengenal aturan penggunaan benda-benda
Ayo Mengamati
Benda memiliki kegunaan yang berbeda beda
Amatilah berikut.
Ayah sedang bekerja di ruang kerja
Banyak benda yang digunakan
Coba sebutkan kegunaan benda benda itu.
1. Meja digunakan untuk............(menaruh alat tulis atau perlengkapan lainnya)
2. Pulpen digunakan untuk........(untuk menulis )
3. Buku digunakan untuk...........(untuk membaca ilmu pengetahuan dan dapat untuk menulis sesuatu yang penting)
4. Kursi digunakan untuk..........(untuk duduk)
Ibu sedang memasak di dapur
Banyak benda yang digunakan
Coba sebutkan kegunaan benda benda itu.
1. Pisau digunakan untuk...........
2. Timbangan digunakan untuk............
3. Panci digunakan untuk...........
4. Sendok digunakan untuk........
Isilah nama benda sesuai keterangan!
ember tas pisau
1. benda ini terbuat dari kulit
ayah membawanya ke kantor
benda ini untuk membawa alat tulis
benda ini adalah ............... (tas)
2. ibu memotong dengan benda ini
benda ini terbuat dari besi
benda ini berguna saat memasak
benda ini adalah............ (pisau)
3. aku berbentuk tabung
aku berguna menampung air
aku terbuat dari plastik
aku adalah ............ (ember)
Ayo Berlatih
Benda memiliki ciri dan kegunaan yang berbedabeda.
Ciri dan kegunaan benda berkaitan dengan bahan benda.
Ada benda yang terbuat dari karet, kaca, atau kertas.
Ada juga benda yang terbuat dari kayu, logam, kain, atau plastik.
Tahukah kamu terbuat dari apa benda di bawah ini?
Adakah bahan benda lainnya?
Coba sebutkan.
Ayo Berlatih
Ibu Siti memiliki 30 buah gelas.
Ibu Siti membeli lagi 12 buah gelas.
Gelas ibu Siti semuanya adalah...
Ditulis 30 + 12 = 42
Jika ibu Siti memiliki 42 buah gelas dan 12 buah
gelas pecah, gelas ibu Siti yang masih utuh adalah...
Ditulis 42-12 = 30
Jika ibu Siti memiliki 42 buah gelas dan 30 buah
gelas pecah, gelas ibu Siti yang masih utuh adalah...
Ditulis 42-30 = 12
Perhatikan kembali pernyataan berikut.
30 + 12 = 42
42 – 12 = 30
Rangkuman !
1. Setiap benda memiliki bentuk, warna, ukuran dan permukaan masing-masing
2. Bentuk bangun ruang benda di antaranya balok, tabung, bola dan kerucut
3. Benda dibuat dari bahan yang sesuai kegunaannya
4. Benda harus digunakan sesuai dengan kegunaannya
5. Soal pengurangan dikerjakan dengan mengurangkan bilangan satuan terlebih dulu
Tugas Tema hari ini adalah belajar dari subtema 4 pembelajaran 1 sampai 6 saja
Untuk berlatih di rumah bisa mengerjakan evaluasi 4 sambil tanya jawab antara anak dan orang tua dirumah.
Pada hari Jumat, 20 Maret 2020 akan diadakan ulangan harian Tema 7 Subtema 4 untuk itu mohon bimbingan orang tua dalam kegiatan belajar anak-anak dirumah ..
Terimakasih dan selalu semangat dalam belajar yaa... :)
Dan selalu ingat untuk melaksanakan sholat wajib dan sunah yaa
" GOOD LUCK "
Komentar
Postingan populer dari blog ini
Tugas 1B (jumat 2 agustus 2019)
Agustus 02, 2019
Gambar
Assallamualaikum murid sholeh dan sholehah 1B.
Pekerjaan Rumah.
Dikerjakan di buku PR Tema No.2
Soal di tulis oleh masing-masing murid.
Dikumpul senin 5 Agustus 2019
Soal:
1. Sebutkan 3 cara merawat tubuh...
2. Isilah lebih banyak/lebih sedikit dari gambar di bawah ini
3. Tulislah bilangan berikut secara berurutan dari yang terkecil
4. Tuliskan cara-cara urutan menggosok gigi
5. Susunlah kata berikut ini.
Selamat mengerjakan 😊
BACA SELENGKAPNYA
Tema 7 subtema 4 dan bahasa lampung
Maret 18, 2020
Gambar
Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 5 dan Bahasa Lampung (18 Maret 2020) Bahan Ajar Dan Materi Pembelajaran Tema 7 Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku Sub 4 Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda
Hari/Tanggal : Rabu, 18 Maret 202 Pembelajaran 5 Tujuan Pembelajaran : 1. Setelah bermain tebak benda, siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dengan tepat. 2. Setelah bermain tebak-tebakan, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dengan tepat. 3. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan cara pengurangan dua bilangan cacah (41-99) dengan bantuan benda konkret dengan benar. 4. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan dua bilangan cacah (41-99) tanpa teknik meminjam dengan bantuan benda konkret dengan benar.
Materi Ajar : 1. Bermain tebak-tebakan benda 2. Mengenal berbagai bentuk benda 3. Berlatih menulis 4. Menyelesaikan soal-soal pengurangan
Cara mengenali…
BACA SELENGKAPNYA
Tema 7 subtema 4 pembelajaran 3 dan 4
Maret 17, 2020
Gambar
Selasa, 17 Maret 2020 Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 3 & 4 (Selasa, 17 Maret 2020) Bahan Ajar Dan Materi Pembelajaran Tema 7 Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku Sub 4 Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda
Hari/Tanggal : Selasa, 17 Maret 2020 Pembelajaran 3 Tujuan Pembelajaran : 1. Setelah bermain peran, siswa dapat menyebutkan aturan di rumah berkaitan dengan benda-benda dengan benar. 2. Melalui kegiatan bermain peran, siswa dapat mempresentasikan aturan tentang benda-benda dengan benar. 3. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat . 4. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat. 5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan dua bilangan cacah (41 sampai dengan 99) tanpa teknik meminjam dengan bantuan konkret dengan benar. 6. Setelah men…
BACA SELENGKAPNYA
Diberdayakan oleh Blogger
Gambar tema oleh Michael Elkan
LINGGA SARI
KUNJUNGI PROFIL
Arsip
Laporkan Penyalahgunaan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar