Senin, 23 Maret 2020
Tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2
Maret 23, 2020
Senin, 23 Maret 2020
Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1,2 (Senin, 23 Maret 2020)
Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 8 Peristiwa Alam
Subtema 1 Peristiwa Siang dan Malam
Siang hari langit terang
Cahaya matahari menerangi bumi
Udara terasa panas
Kita dapat lakukan berbagai kegiatan
seperti bersekolah pada siang hari
Malam hari langit gelap
Terlihat bulan dan kerlip bintang di langit
Udara terasa dingin
Kita beristirahat pada malam hari
Hari/Tanggal : Senin, 23 Maret 2020
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan membaca teks dan menyanyi lagu “Matahari Terbenam”, siswa dapat menunjukkan kosakata tentang peristiwa malam hari dengan tepat.
· Dengan berdiskusi siswa dapat menyebutkan rumusan sila kelima Pancasila dengan benar.
· Dengan percaya diri, siswa mendeklamasikan rumusan sila kelima Pancasila di depan kelas dengan benar.
· Dengan gembira, siswa dapat membedakan tinggi rendah bunyi dalam lagu “Pemandangan” dengan tepat.
· Dengan kegiatan menyanyi bersama, siswa dapat menyanyikan lagu “Pemandangan” sesuai nada yang tepat.
Materi Pembelajaran:
· Membaca teks tentang peristiwa siang dan malam hari
· Menyanyikan lagu “Matahari Terbenam”
· Menuliskan kosakata tentang peristiwa malam hari yang siswa temukan dalam teks
· Mengamati gambar sila kelima Pancasila
· Menyebutkan rumusan sila kelima Pancasila
Ayo Mendengarkan
Peristiwa Siang dan Malam
Peristiwa siang dan malam terjadi setiap hari
Pada siang hari sekitar kita tampak terang
Pada malam hari sekitar kita tampak gelap
Siang hari tampak terang karena ada cahaya matahari
Malam hari tampak gelap karena tidak ada cahaya matahari
Cahaya matahari tidak ada karena matahari telah terbenam
Siang hari terasa ramai
Semua orang melakukan aktivitasnya
Malam hari terasa sepi
Semua orang kembali ke rumah untuk beristirahat.
Ayo Lakukan
Tulislah keadaan alam pada tempat yang tersedia!
Pilihlah dari kata-kata yang tersedia
Gelap terang sepi hangat sejuk
Bulan tidur ramai bersekolah matahari
.......................................................................
.......................................................................
.........................................................................
.........................................................................
Ayo Bernyanyi
Matahari mulai terbenam
Tandanya hari mulai malam
Saatnya malam hari kita berada dirumah
Kita berkumpul bersama keluarga
Nenek ingin membacakan cerita
Membaca cerita sambil mendengarkan lagu
Udin, Beni dan Edo tak sabar mendengarkan
Mereka duduk di teras rumah
Bintang dan bulan tampak terang di langit
Suasana malam terasa lebih sepi
Nenek mulai bercerita dan mendengarkan lagu.
Matahari Terbenam
Ciptaan: N.N
Matahari terbenam
Hari mulai malam
Terdengar burung hanta
Suaranya merdu
Ku kuuu... ku kuu..
Ku kuuu... ku kuu.. Ku kuu...
Ku kuuu... ku kuu..
Ku kuuu... ku kuu.. Ku kuuu...
Ayo Belajar
Padi dan kapas melambangkan kemakmuran,
karena menggambarkan kebutuhan pokok yaitu,
sandang dan pangan.
Padi dan kapas adalah lambing sila kelima Pancasila
Bunyi sila kelima Pancasila:
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu mengenal berbagai jenis aktivitas air dengan tepat.
· Dengan arahan dari guru, siswa mampu mempraktikkan pengenalan jenis aktivitas air dengan baik.
· Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kosakata berkaitan dengan peristiwa siang/malam hari dengan benar.
· Dengan kegiatan mengamati gambar, siswa mampu menuliskan kosakata yang terkait dengan peristiwa siang/malam hari dengan tepat.
Materi Pembelajaran:
· Membaca teks tentang tamasya ke pantai saat hari cerah
· Melakukan aktivitas air saat hari cerah
· Membaca cerita bergambar tentang Indahnya Suasana Pantai
· Menuliskan kosakata tentang peristiwa siang hari dari gambar tentang aktivitas air
Ayo Membaca
Hari ini matahari bersinar cerah
Ayah mengajak Dayu tamasya ke pantai
Dayu senang sekali
Angin bertiup sepoi-sepoi
Di pantai banyak pohon kelapa
Burung-burung terbang di sekitar pantai
Dayu mengajak ayah bermain di pingir pantai
Bermain dan membuat rumah-rumahan dari pasir
Dayu ingin belajar berenang
Berenang di pantai sangat menyenangkan
Saat ombak dating, Dayu berpegangan pada ayah
Mereka tertawa gembira.
Jenis-jenis Cuaca
1. Cuaca Cerah: Matahari bersinar terik, siang hari udara terasa panas.
2. Cuaca Berawan: Awan putih tampak menebal, matahari tertutupi awan, udara menjadi lembab.
3. Cuaca Mendung: Langit gelap karena awan hitam, matahari tidak terlihat, cuaca mendung pertanda akan hujan.
4. Cuaca Hujan: Udara terasa dingin, titik titik air hujan mulai turun, terkadang disertai petir dan Guntur.
Tugas Senin, 23 Maret 2020
kerjakan latihan Tematik di buku latihan tema nomor 1, soal ditulis menggunakan tegak bersambung.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Kapan kamu dapat melihat petir dan mendengar Guntur?
2. Saat cuaca apa kamu merasa panas?
3. Apa perbedaan siang dan malam saat cuaca cerah?
4. Saat cuaca apa terlihat awan hitam menggumpal?
5. Saat cuaca apa udara terasa lembab?
Komentar
Postingan populer dari blog ini
Tugas 1B (jumat 2 agustus 2019)
Agustus 02, 2019
Gambar
Assallamualaikum murid sholeh dan sholehah 1B.
Pekerjaan Rumah.
Dikerjakan di buku PR Tema No.2
Soal di tulis oleh masing-masing murid.
Dikumpul senin 5 Agustus 2019
Soal:
1. Sebutkan 3 cara merawat tubuh...
2. Isilah lebih banyak/lebih sedikit dari gambar di bawah ini
3. Tulislah bilangan berikut secara berurutan dari yang terkecil
4. Tuliskan cara-cara urutan menggosok gigi
5. Susunlah kata berikut ini.
Selamat mengerjakan 😊
BACA SELENGKAPNYA
Tema 7 subtema 4 dan bahasa lampung
Maret 18, 2020
Gambar
Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 5 dan Bahasa Lampung (18 Maret 2020) Bahan Ajar Dan Materi Pembelajaran Tema 7 Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku Sub 4 Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda
Hari/Tanggal : Rabu, 18 Maret 202 Pembelajaran 5 Tujuan Pembelajaran : 1. Setelah bermain tebak benda, siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dengan tepat. 2. Setelah bermain tebak-tebakan, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dengan tepat. 3. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan cara pengurangan dua bilangan cacah (41-99) dengan bantuan benda konkret dengan benar. 4. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan dua bilangan cacah (41-99) tanpa teknik meminjam dengan bantuan benda konkret dengan benar.
Materi Ajar : 1. Bermain tebak-tebakan benda 2. Mengenal berbagai bentuk benda 3. Berlatih menulis 4. Menyelesaikan soal-soal pengurangan
Cara mengenali…
BACA SELENGKAPNYA
Tema 7 subtema 4 pembelajaran 3 dan 4
Maret 17, 2020
Gambar
Selasa, 17 Maret 2020 Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 3 & 4 (Selasa, 17 Maret 2020) Bahan Ajar Dan Materi Pembelajaran Tema 7 Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku Sub 4 Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda
Hari/Tanggal : Selasa, 17 Maret 2020 Pembelajaran 3 Tujuan Pembelajaran : 1. Setelah bermain peran, siswa dapat menyebutkan aturan di rumah berkaitan dengan benda-benda dengan benar. 2. Melalui kegiatan bermain peran, siswa dapat mempresentasikan aturan tentang benda-benda dengan benar. 3. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat . 4. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat. 5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan dua bilangan cacah (41 sampai dengan 99) tanpa teknik meminjam dengan bantuan konkret dengan benar. 6. Setelah men…
BACA SELENGKAPNYA
Diberdayakan oleh Blogger
Gambar tema oleh Michael Elkan
LINGGA SARI
KUNJUNGI PROFIL
Arsip
Laporkan Penyalahgunaan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar